Ini Dia 5 Penyebab Benjolan Di Leher

Ini Dia 5 Penyebab Benjolan Di Leher

Bagi Anda yang saat ini memiliki benjolan di leher, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan benjolan di leher, diantaranya :

1. Gondok. Penyebab benjolan di leher pertama ialah adanya penyakit gondok yang menyerang tubuh Anda. Penyakit gondok adalah kondisi dimana terjadi pembengkakan kelenjar tiroid.

2. Sialothiasis. Penyebab paling umum dari sialolithiasis adalah pengapuran batu yang memblokir kelenjar liur. Selain pembengkakan di area leher, masalah ini juga menimbulkan ciri antara lain sakit di sekitaran mulut.

3. Non-Hodgkin’s Lymphoma. Limfoma non-Hodgkin adalah kanker biasa yang berkembang dalam sistem limfatik, yang merupakan jaringan pembuluh dan kelenjar yang menyebar ke seluruh tubuh Anda.

4. Tonsilitis atau radang amandel. Tonsilitis dapat disebabkan oleh virus, seperti flu biasa, atau oleh infeksi bakteri, seperti radang tenggorokan. Dan salah satu gejala yang dapat terjadi akibat penyakit ini ialah adanya benjolan di sekitar leher.

5. Gangguan kelenjar tiroid. Penyakit tiroid terkadang bisa menyebabkan pembesaran kelenjar tiroid di leher, yang bisa menyebabkan gejala yang secara langsung terkait dengan peningkatan ukuran organ (seperti kesulitan menelan dan ketidaknyamanan di depan leher).

Itulah 5 penyebab benjolan di leher yang dapat Anda ketahui, jangan menunggu sampai benjolan di leher ini menyebabkan komplikasi berbahaya terhadap tubuh.